Home » » Manfaat jahe untuk kesehatan

Manfaat jahe untuk kesehatan

Jahe atau dalam bahasa latin disebut Jingiber officinale, adalah tanaman rimpang yang biasa dijadikan obat obatan.Klasifikasi Ilmiah jahe adalah :
Kerajaan : Plantae
Ordo       : Zingiberales
Famili      : Zingiberaceae
Genus     : Zingiber
Spesies   : Z. Officinale.
Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata yunani Zingiberi. rimpang jahe berbentuk seperti ruas jari yang menggelembung di ruas tengah. kandungan senyawa keton zingeron yang membuat rasa pedas pada jahe.
Jahe diperkirakan berasal dari India, namun sebagian mempercayai jahe berasal dari Riongkok. Pada jaman kolonial, jahe menjadi komoditas utama yang populer di Eropa.
Selain dijadikan sebagai penghangat tubuh, jahe kerap kali dijadikan obat atau jamu yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. berikut manfaat jahe :

1. Menghilangkan rasa sakit.
Dengan memngkonsumsi jahe 3 x sehari dapat meredakan sakit kepala, hal ini telah disimpulkan dalam sebuah uji kelinis. selain dapat meredakan sakit kepala juga dapat meningkatkan pergerakan pada sendi serta dapat menghilangkan rasa sakit pada punggung dan mengurangi pemmbengkakan yang terkait dengan rheumatoid  arthritis.http://goo.gl/5w0msx

2. Anti alergi
Ekstrak biji anggur dan jahe bermanfaat untuk membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang seringkali terjadi selama musim alergi.

3. memerangi sel kanker
Kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe dapat membantu meredam perkembangan sel kkanker pada tubuh. Ekstrak jahe juga dapat memerangi jenis kankker seperti kanker usus dan ovarium.

4. Mencegah perut buncit.
Perut buncit dapat dikurangi dengan mengkonsumsi jahe secara rutin sebelum makan. hal ini dikarenakan jahe dapat melancarkan metabolisme dan pencernaan. dengan adanya peningkatan metabolisme akan mempercepat pembakaran lemak dan meratakan perut buncit. info lebih lanjut

5. Demam dan batuk
jahe selain dapat melancarkan peredaran darah kandungan gingerol pada jahe dapat mengurangi demam dan batuk. dengan mengkonsumsi jahe berarti dapat menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam obat- obatan kimia.

6. Membuat tubuh perkasa.
kandungan  senyawa yang terdapat pada jahe ada yang bersifat inklamasi artinya ini dapat membantu untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan. dengan mengkoonsumsi jahe secara rutin dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada otot yang disebabkan keletihan fisik secara berlebihan. rahasia jahe obat kuat pria.

7. Obat jerawat
Untuk membantu mencegah timbulnya jerawat pada wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe minimal 4 gr/ hari. akan tetapi jik

 8. Menangkal radikal bebas.
Kandungan anti oksidan pada jahe mampu mengatasi radikal bebas yang merusak di dalam tubuh.

 9. Menurunkan kolesterol
Pada sejumlah study telah menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, dapat mengurangi penyerapan kolesteroool dalam dan hati. kandungan gingerol dalam jahe juga memiliki efek yang bersifat antikoagulan yang mampu mencegah terjadinya gumpalan darah. kandungan pada jahe juga mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin yang ahirnya dapat memperlancar aliran darah tinggi.

10. Obat mabuk perjalanan
Untuk yang sering mabuk dalam perjalanan sebaiknya mengkonsumsi jahe (minuman jahe) jahe diyakini rapat meredakan rasa mual juga menyembuhkan jet lag.

Nah itulah beberapa manfaat dari sekian banyak manfaat jahe. dengan mengkonsumsi jahe baik sebagai obat atau hanya dijadikan minuman ringan dapat membatu masalah masalah yang terjadi pada tubuh kita. selamat mencoba.

0 komentar:

Pengikut

Powered By Blogger
FurkonMuhamad. Diberdayakan oleh Blogger.